5 Cara Merawat Printer


jika anda telah membaca 6-hal-merawat-laptop.html. kali ini saya akan membahasa tentang bagaimana merawat  printer biar awet dan tahan lama. berkurangnya kwalitas printer, membuat kita sebagai kostumer merasa takut untuk membeli perinter bahkan dari beberapa merek printer, mempunyai sifat sekali pakai. hal ini tentu saja akan membuat kita rugi, jika printer baru saja kita beli, kok rusak, padahal jarang dipakai.bahkan menurut saya pribadi sebagai seorang teknisi komputer bisa menyimpulkan bahwa perangkat komputer ataupun yang berhubungan erat dengan komputer yang paling sulit untuk  perawatannya adalah printer.
 Merawat lebih mudah daripada memperbaiki. Dan merawat printer tidak akan menyita waktu anda, karena hanya butuh beberapa menit saja. Berikut ini artikel tentang cara mudah merawat printer agar awet dan tahan lama.

5 Cara Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama:

  1. Gunakan printer anda secara teratur dan berkala, saran saya gunakan printer 2 hari sekali untuk mencetak 1 lembar atau hanya print testpage. alasannya adalah penggunaan printer secara berkala dan teratur ini akan menjaga agar tidak terjadi pengkristalan tinta pada pori-pori catride sebagai tempat keluarnya tinta. sangat kecilnya lubang nozzle, maka akan sangat rawan terjadi kebuntuan akibat tinta kering yang tidak mengalir. Dan akibatnya hasil cetakan yang kurang bagus, kadang teks akan terlihat terputus-putus, parahnya lagi akan terasa jika kita mencetak gambar yang memerlukan beberapa warna, kasus yang sering muncul beberapa warna pada printer tidak keluar. kalo hal ini sudah terjadi akan sangat merepotkan
  2. Isilah tinta sebelum habis dan pengisian yang tidak terlalu penuh, pengisian tinta yang teratur tidak sampai habis, akan mengurangi timbulnya masuk angin pada printer, kalo sudah demikian printer akan mengeluarkan gelembung angin pada ujung catride, pada hasil cetakan kadang timbul noda hitam pada hasil cetakan.solusinya jika anda membeli printer baru minta sekalin plus modif tinta luar, tujuannya adalah anda bisa mengecak dan memudahkan pengisian tinta
  3. Mematikan printer secara benar dengan menekan tombol powernya. hal ini ditujukan agar head catridge akan selalu bersih, Karena dengan menekan tombol power untuk mematikan, maka printer akan secara otomatis melakukan pembersihan permukaan head sebelum parkir di tempatnya.
  4. Perhatikan Kebersihan baik Printer maupun kertas, menggunakan kertas yang kotor dan berdebu untuk mencetak, maka ini akan mengotori roll penarik kertas, dan lama kelamaan akan menyebabkan cepet aus dan akhirnya rusak.
  5. langkah terakhir adalah Tutup printer setelah digunakan, atau lebih baiknya tutup dengan pl`stik, sehingga menghalangi hewan atau kotoran untuk masuk dalam printer, karena beberapa kasus, printer gak bisa mencetak karna terdapat kotoran yang menyelip pada roll printer,
5 langkah merawat printer diatas, semoga bisa membantu anda semua, namun apa yang saya sampaikan hanya gambaran umum dari perawatan printer, kalo anda mempunyai permasalahn printer bisa tulis coment dibawah, karna tiap merek printer mempunyai karakteristik dan penanganan yang berbeda.