hard disk error

Hard Disk Error - Bedah digital membahas tentang Solusi Hard Disk Error. Hard disk failure, dan masalah hardisk yang lain. Sering kali saat kita menghidupkan PC kita menjumpai sebuah peringatan Hard Disk Failure atau hard Disk Error. hal ini bisa disebabkan banyak faktor dan juga tidak 100% hard Disk kita benar-benar rusak.
Hard Disk Error - Beberapa pengalaman pribadi saya, Hard Disk error, bisa disebabkan oleh slot kabel HD di pc, kabel ATA or Sata yang tidak pas, kondisi hardisk yang memang sudah usang, sering mati mendadak. Beberapa solusi masalah kenapa bisa terjadi Hard Disk error diatas hanyalah gambaran kecil dari semua masalah yang timbul menyangkut hardisk.
Sebuah Tips yang bisa saya berikan kepada sobat jika pc anda mengalami hard Disk error, beberapa langkah dibawah bisa di coba :
Masalah dan Solusi

  1. Buka PC anda, dan lepas kabel hardisk baik yang terpasang di hardisk maupun yang terhubung di mainboard, masalah ini sering terjadi, sepele memang, tapi beberapa kasus pernah saya dapatkan dan solusi dengan hanya melepas kabel saja hardisk bisa normal kembali.
  2. Jika langkah pertama masih belum berhasil, saat kondisi pc terbuka, hidupkan pc, perhatikan lampu kecil hijau pada hardisk, apakah menyata apa tidak. lampu tersebut menjadi indikator bahwa hardisk dalam keadaan terhubung, jika kondisi mati, lepas kabel power hardisk yang berasal dari power suplay. dan tancapkan kembali.
  3. Masalah ketiga adalah, perhatikan bunyi hardisk, saat kondisi dihidupkan, dan jika hardisk terhubung, mak` akan terdengar bunyi seperti putaran. hal ini menandakan hardisk merespon  kerja dari mainboard. jika bunyi tidak teratur, bahasanya cetek. cetek. cetek. maka bisa dipastikan kondisi hardisk sudah tidak baik, penyebabnya bisa karena seringnya hardisk mati mendadak. jika hal ini terjadi cobalah pukul hardisk dengan telapak tangan. terdengar aneh, namun hal ini yang sampai saat ini saya lakukan pada router mikrotik warnet saya. 
  4. langkah terakhir jika semua belum berhasil, coba ganti kabel baik power ataupun kabel ATA/Sata. ini adalah langkah terakhir karena, jika semua langkah diatas tidak bisa menyembuhkan Hard Disk Eror anda. Berarti 90% hardisk anda sudah minta ganti.
Sedikit tentang Masalah dan solusi hard Disk eror dari saya admin Bedah Digital. pernyataan seputar hardisk bisa disampaikan melalui coment yang ada dibawah postingan ini. kunjungi juga website Indonesia Terbaru untuk mendapatkan tips n triks terkini.